Loading

Jumlah Kunjungan

Artikel Terbaru MMT

Facebook Arda Chandra

Powered by Blogger.

QS 4:153 Ahli Kitab meminta kepadamu agar kamu menurunkan kepada mereka sebuah Kitab dari langit. Maka sesungguhnya mereka telah meminta kepada Musa yang lebih besar dari itu. Mereka berkata: "Perlihatkanlah Allah kepada kami dengan nyata".

Ayat tersebut menjelaskan bagaimana keingkaran orang kafir terhadap ajaran Allah yang disampaikan oleh nabi Muhammad, bahwa sekalipun misalnya Allah menampakkan diri-Nya secara nyata dihadapan mereka, namun tidak akan merubah kekafiran dan keingkaran mereka tersebut. Apalagi kalau hanya kalah berdebat dalam forum diskusi lintas agama. katakanlah anda mampu 'menguliti' orang kafir sehingga mereka 'mati kutu' tidak bisa lagi membantah kebenaran argumentasi anda, hal tersebut tidak otomatis akan membuat mereka bertekuk lutut lalu mau menerima Islam. Kafir tetap kafir selama mereka memang menyiapkan hati mereka untuk mengingkari Allah, dan Allah dengan kuasa-Nya akan menutup hati tersebut terhadap cahaya kebenaran, tidak satupun manusia yang bisa merubah apa yang sudah ditetapkan Allah tersebut.

Lalu kalau anda bertanya :"Terus apa pentingnya anda harus berdebat lintas agama kalau hal tersebut tidak akan merubah apapun...?". Jawabannya adalah :"Tanggapan yang saya berikan bukan ditujukan untuk meyakinkan orang kafir terhadap ajaran Islam, namun lebih dimaksudkan untuk konsumsi saudara-saudara seiman saya yang membutuhkan jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan oleh orang kafir. Mereka membutuhkan masukan berupa referensi dan argumentasi yang masuk akal, untuk memperkaya pemahaman terhadap Islam lalu bisa memperkuat keyakinan mereka tentang Islam..".

Makanya sejak awal saya terlibat dalam debat lintas agama, sangat sedikit topik yang saya sampaikan soal mengutak-atik kitab suci agama lain, 'hidangan lezat' yang menjadi favorite bagi saya adalah pertanyaan pihak kafir yang mencoba mengutak-utik ajaran islam. Karena berdasarkan pertanyaan itulah saya terdorong untuk membolak-balik kitab tafir. Al-Qur'an dan hadits untuk melakukan pendalaman, menambah ilmu pengetahuan tentang agama saya sendiri, lalu menyebarkannya kepada rekan-rekan seiman saya.


0 komentar: