Loading

Jumlah Kunjungan

Artikel Terbaru MMT

Facebook Arda Chandra

Powered by Blogger.

Saya tidak mengerti dengan adanya omongan orang :"Mengaji jangan ke google tapi cari ustadz atau ulama dengan sanad yang jelas..".

Ini kelihatannya ucapan yang nggak nyambung, karena ustadz/ulama merupakan sumber ilmu sedangkan google adalah media penyampaian, satu dari banyaknya media lain seperti buku, ceramah, pengajian, dll. Banyak ulama yang membuka pengajian di internet, bahkan kita dengan gampang membaca buku karangan para ulama terdahulu, merujuk kepada pendapat para salafus salih, artinya secara otomatis kita sudah menyambungkan sanad ilmu kepada mereka.

Kalau dikatakan :"Belajar melalui buku atau tulisan tidak akan mampu menyerap ilmu dari ulama ybs, lalin kalau bertemu langsung, bisa tanya-jawab..".  Siapa bilang di internet tidak bisa juga tanya-jawab..? lagipula penyerapan ilmu tidak selalu berkaitan dengan apakah kita menerimanya melalui tulisan atau bertatap muka, bisa saja santri yang hadir di depan ustadznya tidak mampu menyerap ilmu dengan sempurna dan sebaliknya pihak lain yang hanya membaca buku bisa memahami isinya dengan lebih baik.

Sanad...? saya khawatir itu cuma bagian dari berbangga diri, merasa lebih berilmu dibandingkan dengan yang lain..


0 komentar: